Jumat, 01 Juni 2012

Makalah Mesin Pengganda SMK Negeri 1 Kotanopan




KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya serta kesempatan sehingga makalah ini dapat terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya.
Makalah ini berisikan tentang peralatan kantor yang umumnya telah digunakan oleh setiap perusahaan-perusahaan maupun instansi atau lembaga pemerintahan di bidang administrasi perkantoran. Peralatan kantor merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk mempermudah dan mempercepat suatu pekerjaan. Jenis peralatan kantor cukup beragam, namun yang akan kita bahas pada kesempatan ini adalah mengenai peralatan kantor yang digunakan untuk menggandakan dokumen-dokumen,surat-surat,warkat-warkat,dan lain sebagainya.
Dengan demikian penulis memberanikan diri untuk menerbitkan makalah peralatan kantor yang berjudul Mesin Pengganda.Dalam makalah ini akan dibahas mengenai pengenalan bagian-bagian mesin pengganda,jenis-jenis mesin pengganda, pengoperasian mesin pengganda sampai dengan cara perawatan  mesin pengganda.
Mesin pengganda merupakan salah satu alat kantor yang harus dapat dikuasai oleh setiap siswa atau pelajar terutama di bidang keadministrasian.Untuk itu makalah ini bukan saja dapat digunakan oleh para pelajar tapi juga oleh para pegawai-pegawai, karyawan-karyawan kantor bahkan untuk kalangan sendiri atau umum yang berniat untuk membacanya.
Dengan tersusunya makalah Mesin Pengganda ini penulis juga tidak lupa memberikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang ikut mendukung, terutama kepada Ibu Ery Sholatiah yaitu Guru Mata Pelajaran Peralatan Kantor di SMK Negeri 1 Kotanopan, serta kawan-kawan yang berada di kelas XI Administrasi Perkantoran 1.
Mungkin tanpa adanya dukungan dari semuanya makalah ini tidak akan terselesaikan. Kami masih mengharapkan saran maupun kritikan yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini. Terimakasih.


                                                                                         
                                                                                          Kotanopan, 23 Februari 2012



                                                                                                        Penyusun







 

DAFTAR ISI

Kata Pengantar.................................................................................................................. 1
Daftar Isi........................................................................................................................... 3

BAB I PENDAHULUAN
1. Latar Belakang....................................................................................................... .. 4
2. Tujuan.................................................................................................................... .. 4

BAB II PEMBAHASAN
1.      Pengertian Penggadaan....................................................................................... .. 5
2.      Fungsi Penggandaan........................................................................................... .. 5
3.      Macam-Macam Alat Pengganda............................................................................ 6
4.      Sejarah Penemuan Mesin Fotocopy....................................................................... 6 
5.      Bagian-Bagian Mesin Pengganda.......................................................................... 7
6.      Pengenelan Bagian-Bagian Mesin Fotocopy......................................................... 9
7.      Pengoperasian Mesin Fotocopy........................................................................... 10
8.      Perawatan Mesin Fotocopy................................................................................. 12

BAB III PENUTUP
1.    Kesimpulan......................................................................................................... 14

DAFTAR PUSTAKA.................................................................................................... 15









BAB I
PENDAHULUAN


1.                            Latar Belakang

Perusahaan apapun bentuknya, baik itu perusahaan besar atau kecil, baik itu lembaga pemerintah maupun swasta, tidak lepas dari suatu kegiatan yang disebut dengan kegiatan penggandaan. Terbukti kegiatan penggandaan dokumen, mampu memperlancar kegiatan suatu kantor, serta mempermudah penyampaian informasi, misalnya : Materi rapat dapat dicetak sebanyak peserta rapat.
Pada pelajaran ini penulis menyusun makalah  mesin pengganda atas permintaan dari guru mata pelajaran peralatan kantor sebagai materi ulangan praktek harian pra semester genap. Untuk lebih jelasnya tentang kegiatan penggandaan, pelajarilah kompetensi berikut ini.


2.     Tujuan

Diharapkan agar siswa dapat :

1.      Memahami pengertian penggandaan
2.      Mengatahui fungsi mesin pengganda
3.      Mengetahui Macam-macam Alat Pengganda
4.      Mengetahui sejarah mesin fotocopy
5.      Mengenal bagian-bagian mesin pengganda
6.      Pengoperasian mesin pengganda, dan
7.      Perawatan mesin pengganda

















BAB II
PEMBAHASAN
MESIN PENGGANDA

1.                  Pengertian Penggandaan

Sebelum membahas tentang alat pengganda, terlebih dahulu anda mengetahui arti kata penggandaan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Balai Pustaka, ditulis arti kata penggandaan, yakni : proses, cara, perbuatan menggandakan. Jadi kata menggandakan dapat diartikan, usaha memperbanyak atau melipatkan beberapa kali dokumen. Dapat diartikan pula penggandaan dokumen, berarti suatu perbuatan menggandakan atau memperbanyak dokumen sesuai kebutuhan dengan menggunakan alat pengganda.
Adapun pekerjaan yang dapat digandakan atau diperbanyak, antara lain : memperbanyak naskah atau dokumen sebagai bahan suatu pekerjaan, misalnya : memperbanyak surat-surat, undangan, bahan materi rapat dan sebagainya. Dengan adanya mesin pengganda ini diharapkan pekerjaan dapat diselesaikan dengan cara yang lebih efektif dan efisien.

2.        Fungsi Penggandaan

Setiap organisasi yang besar atau kecil dengan tujuan yang berbeda-beda, tentu di dalamnya tedapat bagian yang melaksanakan tugas pokok dan bagian-bagian lain yang melaksanakan tugas penunjang.
Salah satu yang melaksanakan tugas penunjang adalah bagian penggandaan. Adapun fungsi bagian penggandaan bagi suatu kantor, antara lain :
1.        Memberikan pelayanan memperbanyak dokumen, untuk pimpinan demi kelancaran tugas rutin.
2.        Memberikan pelayanan memperbanyak dokumen, untuk bagian-bagian lainnya.
3.        Memberikan pelayanan memperbesar atau memperkecil tulisan atau gambar, dari dokumen, sesuai keinginan pimpinan.
4.        Bertanggung jawab atas pekerjaan yang telah dipercayakan pimpinan kepadanya.
5.        Memberikan pelayanan sesegera mungkin secara optimal.
3.                            Macam-Macam Alat Pengganda

Maraknya teknologi digital memberi pengaruh besar terhadap kecepatan pekerjaan bagi suatu kantor, terutama pekerjaan kantor yang berhubungan dengan penggandaan dokumen, misalnya alat pengganda yang mampu mengirim tetapi dapat juga menerima, sekaligus mengkopi langsung semua dokumen yang dikirim.
Mesin pengganda banyak macamnya, antara lain :
@  Mesin fotocopy biasa, yakni : suatu alat untuk menyalin kembali dokumen atau ilustrasi dengan menggunakan cahaya, panas, bahan kimia, atau muatan listrik statis.
@  Mesin rissograph, yakni : mesin pembuat copy untuk jumlah yang besar dengan menggunakan master copy, dapat memperbesar dan memperkecil, serta dapat merubah warna sesuai keinginan.
@  Mesin stensil, yakni : suatu alat pengganda dokumen dengan menggunakan sheet stensil, koreksilak.

4.                            Sejarah Penemuan Mesin Fotocopy

Dalam materi ini, anda akan mempelajari satu macam alat pengganda, yakni mesin fotocopy, dan anda perlu mengetahui terlebih dahulu sejarah fotocopy. Pada tahun 1939 seorang ahli fisika Amerika Serikat bernama Chester F. Carison, menemukan proses duplikasi naskah dengan menggunakan energi listrik statis.
Proses ini diberi nama xerography yang berarti tulisan kering, dari bahasa Yunani, lalu mesin ini diberi nama xerox.

Ada beberapa jenis ukuran alat fotocopy antara lain :
?  Mesin fotocopy kecil (Portable), Ciri-cirinya antara lain : mudah dijinjing, kecepatan menyalin 5-10 lembar per menit, dengan ukuran kertas A4 (210 x 297 mm)
?  Mesin fotocopy sedang (standar), berat mesin ± 70 kg kecepatan menyalin 15-25 lembar per menit, dengan ukuran kertas A3 (297x420 mm) dan B4 (257x364 mm)
?  Mesin fotocopy besar, berat mesin di atas 70 kg kecepatan menyalin minimal 3 lembar per menit, dapat memperbesar dan memperkecil, menggandakan pada kertas berwarna, serta dilengkapi dengan alat sortir papan dokumen otomatis.
5.                            Bagian – Bagian Mesin Pengganda

Di sini akan dibahas dua buah mesin penggandaan yaitu mesin stensil dan mesin fotokopi. Mesin stensil terbagi menjadi dua macam yaitu mesin stensil manual (mesin yang digerakkan dengan tangan manusia) dan mesin stensil listrik (mesin yang digerakkan dengan arus listrik).

F  Mesin Stensil Manual (Manual Stencil Duplicator)
Mesin stensil manual dapat digunakan untuk menggandakan warkat/surat dengan jenis kertas seperti HVS, duplicator, roneo dan sebagainya.
Y     Ciri-ciri mesin stensil manual:
1.    Tenaga pengerakknya menggunakan tenaga manusia
2.    Komponen dan cara kerja mesin bersifat mekanis
3.    Tinta yang digunakan adalah tinta stensil warna hitam
4.    sheet yang digunakan bisa sheet stensil, sheet scanner, atau stensil cutter sebagai sheet master
5.    ukuran kertas maksimum adalah kertas folio (8,5 x 13 inci atau 21,5 x 33 cm)


 
Y  Komponen mesin stensil manual:
1.    Silinder tinta (ink cylinder)
2.    Penjepit sheet stensil (stencil fitting bar)
3.    Kain penyaring tinta (ink screen)
4.    Plat baja (steel band)

Y  Kerangka mesin
1.    Pintu tinta (inker door)
2.    Pompa tinta (ink pump)
3.    Alat penghitung (counter)
4.    Pengatur tinta (ink control)
5.    Engkol (handle)
6.    Pengatur posisi cetakan (copy positioning)
7.    Pengungkit pencetak (print lever)
8.    Pengatur pemasukan kertas (feed contril)

Y  Penutup mesin
1.    papan kertas (feed bord)
2.    penahan kertas (back guide)
3.    papan penerima (receiving board)
4.    penuntun kertas (paper guide)

F  Mesin Stensil Spiritus (Spirit Duplicator)
Mesin stensil spiritus termasuk jenis mesin pengganda proses langsung (direct proses) atau ada juga yang menyebutnya sebagai mesin pengganda cairan (liquide duplicator).
Y  Ciri-ciri mesin stensil spiritus:
1.    Tenaga penggerakknya menggunakan tenaga manusia (manual)
2.    Komponen dan cara kerja mesin bersifat mekanis
3.    Menggunakan master paper
4.    Kertas biasa dengan lapisan bahan pelicin
5.    Master Sheet, kertas master dengan transfer carbon
6.    Master thermal, kertas master dengan perekam menggunakan thermocopier
7.    Penggandaan menggunakan kertas folio
8.    Pencetakan menggunakan cairan pelarut alkohol.

Y  Komponen mesin stensil sepiritus:
1.    Tabung berisi cairan (fluid tank)
2.    Alat penghitung (counter)
3.    Tempat kertas atau papan kertas (feed tray)
4.    Roda penyesuaian kertas (adjustment wheel)
5.    Tombol pengatur pemasukan kertas (feed control button)
6.    Pengatur posisi cetakan (copy positioner)
7.    Tombol pengatur tekanan (preasure control button)
8.    Engkol (handle)
9.    Tutup atas (top cover)
10.    Silinder logam (metal cylinder)
11.    Tempat hasil gandaan (receiving tray)

F  Mesin Fotocopy
Merupakan alat yang digunakan untuk membuat salinan atau tiruan sebuah dokumen di atas kertas dengan proses penyinaran. Proses foto copy dimulai pada saat dokumen asli yang akan diduplikasikan diletakkan pada permukaan kaca. Kemudian dokumen tersebut disinari dengan cahaya yang berjalan. Bagian kertas putih akan memantulkan cahaya lebih banyak daripada bagian yang berwarna, untuk lebih jelas pelajarilah terlebih dahulu bagian-bagian dari mesin foto copy, sebagai berikut :

6. Pengenalan Bagian-Bagian Mesin Fotocopy

1.        Tutup asli (original cover, original holder, platen cover). Berfungsi untuk menutup atau memegang lembaran asli yang akan dicopy.
2.        Kaca tempat asli (original glass). Berfungsi untuk meletakkan lembar asli, pada bagian tepi kanan terdapat skala yang perbangkal pada titik tengah. Skala ini berfungsi untuk mengatur lembaran asli agar tepat pada posisi tengah.
3.        Papan tempat asli (original tray, original support). Berfungsi untuk meletakkan lembar asli yang belum dicopy atau yang sudah dicopy.
4.        Tombol on–off (on-off switch, power switch). Berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan mesin.
5.        Papan hasil penggandaan (copy tray). Berfungsi sebagai tempat penampung hasil penggandaan
6.        Kerangka mesin. Pada mesin tertentu di bagian samping terdapat tutup mesin yang mudah dibuka untuk mengganti tinta, memperbaiki kertas yang menggulung roll dan service mesin.
7.        Papan kertas untuk operasi manual (by pass feed table, manual feed table, by pass base). Berfungsi untuk operasi manual atau memasukkan kertas copy satu per satu.
8.        Baki kertas kaset (cassette). Papan kertas untuk mendapatkan penggandaan (salinan). Tiap baki memuat 250-500 lembar kertas dengan ukuran sendiri-sendiri, seperti : A4, A3, B4 dan B5.

Mesin fotocopy besar dilengkapi juga dengan beberapa bagian lagi, yakni :

1.      Lembar kertas. Untuk menempatkan persediaan kertas copy
2.      Papan dokumen otomatis. Untuk memasukkan dokumen/lembar asli secara otomatis, sangat bermanfaat untuk menggandakan lembar asli yang banyak
3.      Papan penyortir (sorter). Untuk memisah-misahkan hasil penggandaan yang terdiri dari lembaran asli yang banyak dengan salinan yang banyak pula. Sorter ini terdiri atas 10 rak dan 20 rak
4.      Papan kertas besar (large capacity). Untuk meletakkan kertas dalam jumlah banyak, dapat menampung sampai 1.000 lembar kertas dengan ukuran A4 dan B4

http://idkf.bogor.net/yuesbi/e-DU.KU/edukasi.net/SMK/Sekretaris/Mesin.Pengganda/images/hal_9a.jpg7.  Pengoperasian Mesin Fotocopy

1.        Hidupkan mesin dengan menekan tombol ON.

http://idkf.bogor.net/yuesbi/e-DU.KU/edukasi.net/SMK/Sekretaris/Mesin.Pengganda/images/hal_9b.jpg
2.        Letakkan kertas pada kaca tempat foto copy dengan bagian tepi atas menempel pada garis skala pada posisi yang tepat di tengah.



3.      http://idkf.bogor.net/yuesbi/e-DU.KU/edukasi.net/SMK/Sekretaris/Mesin.Pengganda/images/hal_9c.jpgDengan menekan tombol pengatur hasil copy.


http://idkf.bogor.net/yuesbi/e-DU.KU/edukasi.net/SMK/Sekretaris/Mesin.Pengganda/images/hal_9d.jpg
4.      Tekan tombol jumlah hasil penggandaan yang dikehendaki.

http://idkf.bogor.net/yuesbi/e-DU.KU/edukasi.net/SMK/Sekretaris/Mesin.Pengganda/images/hal_9e.jpg

5.        Tekan tombol cetak (start).

http://idkf.bogor.net/yuesbi/e-DU.KU/edukasi.net/SMK/Sekretaris/Mesin.Pengganda/images/hal_9f.jpg

6.      Jika sudah selesai tekan tombol OFF.


8.  Perawatan Mesin Fotocopy 

http://i1219.photobucket.com/albums/dd425/w03lv3r1n3/DB%20abondis/mesin-fotocopy.jpgMesin fotocopy adalah mesin pencetak / pengganda hasil dokumentasi.Beberapa hal yang paling penting adalah cara merawat supaya mesin kita tetap bagus dan handal dalam mengerjakan tugasnya. Anda juga harus menyadari bahwa pada akhirnya Anda akan harus membersihkan dan memperbaikinya.adapun sering kali yangg paling sering kami alami adalah seperti : suara berisik,hasil kurang memuaskan,nyangkut – nyangkut, error,dll.

Beberapa hal dan sedikit cara merawat dan membersihkan mesin Fotocopy :

N Pertama, ketika membersihkan segala jenis item elektronik atau listrik, harap selalu pastikan Anda cabut dulu. Bahkan jika Anda tidak menggunakan cairan apapun untuk membersihkan mesin fotocopy, selalu Bette aman daripada menyesal.
N Kedua, ketika membersihkan mesin fotocopy sangat penting untuk memiliki kain lembut. Mereka ini sebagian besar dijual di toko mobil di $ 5 untuk sebungkus sepuluh potong. Ini adalah apa yang Anda butuhkan. Anda tidak ingin menggaruk mesin atau Anda akan dalam kesulitan besar!
N  Ketiga, setelah Anda mulai Anda dapat membersihkan kepala, tutup, dan sisa
mesin dengan alkohol, pastikan tidak mendapatkannya di dalam mesin. Alkohol lebih aman untuk membersihkan mesin fotocopy NY daripada air karena akan menyebar ke udara dan mengakibatkan konsleting.

Kadang-kadang ketika Anda melakukan sewa mesin copy, perusahaan bahkan mungkin memiliki pilihan layanan yang tersedia untuk Anda. Dengan cara ini, Anda tidak akan dikenakan biaya dan Anda tahu bahwa Anda mempekerjakan orang layanan dipercaya oleh para ahli.

Tugas-tugas kecil seperti mengganti toner Anda sebenarnya lebih mudah daripada membersihkan mesin fotocopy NY. Pertama, jika tinta kosong, mesin  akan memberitahu Anda, atau komputer Anda akan memberitahu Anda dengan sebuah jendela pop-up kecil. Anda akan perlu membuka penutup untuk mengganti toner, tetapi jika mesin Anda seperti saya, ini tidak seharusnya menjadi saat yang menakutkan untuk Anda.
 Cukup buka bagian atas atau sisi penutup dan mengambil unit proses (unit adalah bagian yang memegang toner). Dari unit Anda akan ingin menghapus tinta toner tua, tapi sebelum melakukannya, pastikan Anda mengguncang botol atau tabung toner dan kemudian menempatkannya ke dalam unit. Kemudian, menempatkan unit ke dalam mesin fotocopy dalam orientasi yang sama. Dan itulah bagaimana Anda mengganti toner untuk mesin fotocopy!

Tips Merawat Mesin Fotocopy

ADC ( ACTIVE DRUM CELL) adalah Suatu Cairan Kimia yang Berguna Untuk :

1. Melapisi Drum (Tabung) Machine Photo Copy Jenis ASSY (Drum Canon : NP 6045, NP 6050, NP 6650, AGFA : X 58, X 88 dll) Sehingga Memperkecil Bolong Yang Terlihat Pada Hasil FotoKopi Blok hitam, Untuk Hasil Maksimal Gunakan Toner Original

2. Mengaktifkan Drum Cell Mesin fotoCopy Yang Sudah Lemah, Supaya DRUM Mesin foto Copy Tidak Gampang Nembak / Konsleting, dan Drum Foto Kopi Yang Belang bisa Normal Kembali,

3.    Menghilangkan Lembab Yang Membandel Pada Drum Mesin FotoKopi (Sudah di BRASO, Belum 1 Bulan Kumat Lagi) Yang Menyebabkan Hasil FotoKopi Kabur,

4. Mempertajam HASIL fotocopy walau Pakai Toner KW2,

5. Merawat DRUM Machine fotocopy agar Usia Drum Panjang, dll


BAB III
PENUTUP


1.      Kesimplan

            Semoga setelah membaca dan membahas semua tentang penggunaan mesin pengganda sebagaimana telah dipelajari diatas, adakalanya kita dapat memahami tentang bagaaimana cara kerja dan manfaat alat mesin pengganda dalam melaksanakan tugas-tugas ataupun pekerjaan-pekerjaan rutin yang kita lakukan sehari-hari di tempat kerja.
            Pada intinya kami mohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafan semoga makalah ini bermanfaat bagi penulis terutama bagi para pembaca. Terimakasih.


Daftar Pustaka

idkf.bogor.net/yuesbi/e-DU.KU/.../Mesin.Pengganda/materi3.html
chinaa2ap.blogspot.com/2010/06/mesin-pengganda.html
chinaa2ap.blogspot.com/2010/06/mesin-pengganda.html
mesinpercetakan.com/risograph-review-teknologi/
www.docstoc.com › EducationHigh School
elektronik.neothing.com/mesin/5168-Mesin-Penggandaan-Dokumen...
kamissore.blogspot.com/2010/03/perawatan-mesin-fotowww.lintasberita.com/Fun/Tips-Trick/tips-merawat-mesin-fotocopycopy.html
sijanggut.blogdetik.com/...merawat...mesin-fotocopy/comment-page-





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar